Shutter Island yang Membingungkan

Tahu film Shutter Island? Kalo tau boleh kasih pendapat lo disini. Menurut lo apa yang sebenarnya terjadi disana? Meskipun film lama, tapi bolehlah ngebahas film yang satu ini. Apalagi klo filmnya bikin beda pendapat, kan seru!

Berawal saat gue kongkow bareng temen-temen di warkop daerah Jatinegara, belakang RS Mitra. Malam itu saat gue bertiga sedang ngobrol ngarul-ngidul. Tiba-tiba gue dapet chat dari bokap yang ngirim foto dia di belitung td sorenya.

Foto dia di Pulau Lengkuas yang menarik perhatian gue. Karena dipulau itu terdapat mercu suar yang berdiri tegak ditengahnya. Saat itu gue perlihatkan ke temen gue seraya bertanya “mercu suar di Pulau Lengkuas ini mengingkatkan lo film apa?”

“Film apa? Ga tau gue” jawab temen gue. Yang satu lagi menunjukkan tanda-tanda serupa. Terus gue lanjut “Shutter Island?”

“Oooh, iya baru sadar gue” kata salah satu temen gue. “Hmm, Shutter Island. Tahu gue.” Sahut yang lain.—Iye tahu gue emang ga mirip ama yang di filmnya. Cuman masa ga engeh ama yang gue maksud. Sedih :’)

Terus gue tanya lagi (sekaligus pindah topik dari ngomongin tempat wisata ke film) “menurut lo gimana tuh Shutter Island?” Kata mereka bagus lah, ada yang nyinggung sutradaranya, penulis novelnya. (Gue murni tau dari film nya aja, dan ga ngerti banget masalah perfilman)

Gue cuma mengingat judul film yang berkesan di gue doang, padahal film yang gue tonton juga ga begitu banyak. Buakakak udah jarang, sombong lagi. 😒

Inti dari postingan gue kali ini sebenernya berujung pada satu pertanyaan. Menurut lo, apakah si Teddy (Leonardo DiCaprio) itu dari awal emang detektif yang sengaja datang ke Shutter Island demi menyelidiki kasus hilang nya salah satu pasien disana (dan kasus rahasianya), atau dari awal si Teddy datang ke Shutter Island sebagai pasien sakit jiwa?

Yok lah silahkan yang udah nonton kasih penerawangannya akan film ini.

Klo menurut gue sih (meskipun berbeda sama 2 tmn gue diatas) Teddy dari awal memang seorang detektif yang menjadi korban ekperimen cuci otak RSJ Shutter Island. Ini alesannya:

1. Teddy menemukan si PASIEN YANG HILANG.


2. Teddy mendapat pesan dari salah satu pasien  yang memperingatkan Teddy untuk “LARI”


3. Teddy menemukan salah satu orang yang memang ingin ditemuinya di Bangsal C.


Itu sih 3 alesan diantara alasan-alasan lain yang menurut gue cukup untuk percaya jika Teddy dijebak dan menjadi korban cuci otak.

Dan eksperimen itu gak berhasil ke Teddy.

Lebih buruk mana? Hidup sebagai monster atau mati sebagai orang baik?

Ucapan terakhir Teddy—yang mengidikasikan dia tidak mempan (bagi yang bilang dia korban eksperimen) atau mengidikasikan dia ga sembuh (bagi yang bilang dia orang gila) lalu kemudian dibawa ke Mercu suar untuk dibongkar isi kepalanya.

What an ending? 🙂 🤔👏🏼

4 thoughts on “Shutter Island yang Membingungkan

Leave a Reply

