Logo HUT RI 97, Siapa Tiru Siapa?

Oke, selamat berakhir pekan sebelumnya gue ucapkan. Hahaha kemana nih rencana akhir pekan kalian kali ini? Ajak-ajak dong.

Ga berasa sekarang kita udah masuk minggu pertama bulan Agustus, yang dimana Agustus tahun ini cuma punya satu tanggal merah. Yoi, 17 Agustus!! Hari ultah nya negara tercinta kita.

Udah berasa belum sih euforianya? Klo didaerah gue Jakarta sih udah mulai kerasa. Dari suasana gedung perkantoran yang udah masang atribut serba merah dan putih, rumah-rumah, dan juga ga ketinggalan abang-abang penjual bendera. Klo gue perhatiin pedagang bendera udah exist dari akhir Juli. Hehee

Dan dari intro diatas sebenernya gue mau ngebahas soal logo HUT RI yang “katanya” mirip dengan gambar lencana divisi infantri Amerika yang juga kebetulan tahun ini merayakan yang ke 71 kalinya. Berarti bareng ya lahirnya sama-sama tahun 45. 🙂


Klo menurut gue setelah membandingkan keduanya, menurut gue nih, ga ada mirip-miripnya selain angka 7 dan 1 nya. Dari segi konsep pun menurut gue beda. Meskipun gue bukan anak desain grafis tapi klo pake kacamata gue (meskipun gue juga ga pake kacamata) gue bisa bilang dua logo tersebut berbeda.
So klo untuk jawab pertanyaan di judul soal “siapa tiru siapa” gue sih bisa jawab klo dua-duanya ga nyontek satu sama lain. Toh klo mau mempermasalahin tulisan angka yang sama. Dari dulu jaman Amerika masih berbentuk padang savana angka tujuh sama satu, ya bentuk penulisan angkanya itu “7” dan “1”.

Gak penting? Bisa dibilang iya sih. Tapi klo gue liat berita di Line Today, komentar untuk artikel ini membuahkan perdebatan juga. Padahal diantara komentar yang saling bentrokin pendapat itu ada juga yang mencoba nyelipin komentar bermutu. Salah satunya bisa ngebuka pemikiran mereka yang lagi saling ngotot, contohnya komentar dari Ali Saké “Klo untuk desain ga ada istilah original, selama masih ada kata improvisasi.”

Nah sekalipun tujuan bahasan ini mengerucut ke permasalahan originalitas gue rasa komentar Ali Saké ini bisa memecahkan permasalahannya. Selama diperbolehkan meng-improvisasi karya orang lain. Gue rasa sulit menjungjung originalitas.

Toh klo emang ada orang palgiat yang bener-bener ngejiplak, bisa keliatan dan gampang, tinggal tuntut kemudian selesai. Tapi klo ada yang diubah mau itu warna dan lain-lain. Rasanya kata “improvisasi” bisa dijadikan alasan. Hahaha

Juga ada komentar masukan yang menurut gue bener-bener brilliant dan ge kepikiran. Tapi gue lupa siapa yang nulis, pokoknya dia ngasih masukan penulisan singkatan tahun pada 71 th sebaiknya ditulis 71 thn. Karena untuk orang luar negeri yang melihat mengira itu adalah penulisan urutan, yang seharusnya 71 itu adalah st atau tepatnya “71 st” bukan “71 th.” Damn!  Klo ga dipikir jauh, gue juga ga “engeh” sama hal satu ini.

Btw 4 alinea diatas itu cuma intermezzo, klo balik lagi ke pembahasan. Gue rasa ga masuk akal klo salah satu dari mereka berniat meniru karya satu sama lain.

Sebenernya nih ya, sebenernya ketimbang nyari hal yang sama dari dua gambar itu. Gue lebih gampang nemuin kesalahan penulisan huruf “A” kapital yang nyempil ditengah-tengah huruf kecil pada kalimat penjelasan gambar. Hahaha

Yaudah, itu lah pembahasan kecil gue mengenai dua logo yang menurut gue beda dan “katanya” sama. So gue mau ngucapin selamat ultah yang 71 buat negara kita. Semoga makin dewasa dan dapet jodoh, eh maksudnya semakin makmur dan sentosa makin berjaya dan makin menderang seantero dunia. Amin

Ada yang punya rencana mau nyeplokin ga sih? Gimana deh caranya, yang lagi kerja bakti aja kali ya entar diceplokin hehehe.

See ya next post guys!

3 thoughts on “Logo HUT RI 97, Siapa Tiru Siapa?

Leave a Reply

