Siapa Mau iOS 10?

Halo, pakabar? baik ya? hehe. Gak panjang lebar kali tinggi sama dengan volum lagi, langsung masuk ke topik bahasan. Siapa yang mau upgrade iOS nya ke versi 10? Yoi, kalian udah bisa meng-upgrade iOS kalian mulai hari ini, karena hari ini, Rabu (9/14/16) Apple sudah menyediakan versi final untuk user Indonesia. Ada dua cara untuk uprade iOS kalian kali ini, cara pertama dengan memakai teknik over-the-air (OTA) dan cara kedua yaitu melalui iTunes (sambung gadget ke PC). Eeits, tapi kalian harus sabar karena mungkin proses upgrade bisa membutuhkan waktu beberapa jam, tau sendiri kan server Apple lagi dikerubutin orang seantero dunia yang juga mau upgrade iOS-nya.


Gue pengen nanya, biasanya begitu denger kabar sudah tersedianya upgrade iOS seperti ini, apa yang lo lakuin? langsung upgrade atau nunggu spoilernya? menunggu spoiler disini bukan dari media ya, karena spoiler mengenai evaluasi paling objektif sebuah produk menurut gue ya dari user sendiri, bukan dari pihak perusahaan atau media, sekalipun itu media ternama. Tau lah, yang namanya uang, hahaha. Bisa aja media dibayar untuk bikin artikel ulasan produk, dan yang dibahas sama dia yang baik-baiknya aja. Klo uda gini, mending gue nonton presentasi dari CEO nya, sama aja. -_-

Untuk apapun, saat gue butuh informasi mengenai tanggapan user terhadap produk yang dipakainya, biasanya gue ngecek di medsos. Kalian tau sendiri lah, banyak blog, vlog, dan yang lain yang mengulas suatu produk dari dulu. dan untuk iOS, gue sendiri merupakan tipe yang nyari spoiler dulu baru mutusin upgrade apa enggak ditahan dulu. Karena gue sebagai anak sistem informasi sekaligus pecinta teknologi, tidak ada istilah “downgrade” lebih baik gue menunda upgrade untuk menikmati os versi lama sampai puas baru kemudian upgrade dan menerima segala kelebihan dan kekurangan dari os baru tersebut, ketimbang model orang yang ga tau apa-apa, tau-tau dia upgrade, kecewa dan memutuskan untuk downgrade.

Karena pada dasarnya ga ada pembaharuan (dalam bahasan ini gue fokus ke os) yang menyulitkan elo, inget sekali lagi, tujuan pembaharuan bukan untuk menyulitkan. Tapi user itu sendiri yang belum siap menerima pembaharuan, alias belum siap menerima masa depan. Karena gue gerah banget (kipas mana kipas?) kalo ketemu orang yang ngedumel soal os yang dia pakai terlalu ribet, bla bla bla. Bukan ribet, lo nye aja kali yang ga ngarti wahaha (ga ada yang gini kan?). Sekalipun ada, jangan baper ya. Intinya gue cuman mau bilang, apapun os nya, mau close atau open source, mereka ga pernah salah, yang salah itu elu. Masih dumb kok megang sesuatu yang smart. Apalagi klo ketemu sama orang yang baru megang iPhone dan mengeluh

“iPhone mah payah kalah sama Hp Cina, ga bisa download musik atau aplikasi secara bebas.”

Dah ah! Bodo amat, klo udah ketemu orang begini yang asal nembak, timbang ngomong nama vendor asal Tiongkok nya berat banget, ditembak sama rata semua, dia sebut hp Cina (jangan-jangan Samsung termasuk sama doi kategori hp Cina 😢). Dari cara dia males nyebutin nama vendor aja, gue mending milih diem waras, apalagi buat ngeladenin pernyataan dia soal iPhone ga bisa download. Entar dikira ngebela ipun, dikira fans ipun garis keras, mending berdoa semoga dia dikeluarkan dari lubang kebodohan yang amat sangat terlampau dalam. ~Amin.

Dari pada ngedumel lebih baik bertanya, mempelajari dan memahami seperti apa os kalian bekerja. Supaya os yang berjalan di gadget kalian bisa efektif dalam meringankan perkerjaan kalian. Emang itu tujuannya kan. Gue lebih baik menjawab pertanyaan ketimbang ngeladenin gerutuan orang. Dengan menggerutu berarti doi secara ga langsung udah ngambil kesimpulan. Klo udah gini, mending biarin aja doi sama kesimpulannya itu hidup damai selamanya.

Oke balik ke iOS, setelah gue perhatikan review orang-orang di twitter, terutama dari orang Amrik yang emang kebagian duluan, karena emang dari sana asalnya ini os. Gue sih menyimpulan klo os ini kewren. Namun, terlepas dari tampilan interface baru yang keren dan fresh imbas dari rombakan abis-abisan ini, ternyata emoji iOS kena rombak juga, dan ini yang jadi kritikan banyak user iOS di twitter. Utamanya kekecewaan soal emoji pistol di iOS 9 yang pada iOS 10 diganti menjadi pistol air. Penting? Gak juga sih. Tapi sesuatu yang lawas menjadi keren kalau sesuatu yang baru dinilai ga lebih bagus dari sebelumnya. So, emoji yang ga lama lagi hilang dari peredaran ini, bakal dikenang beberapa minggu ini sepertinya. Dan gue, sebagai simbol perpisahaan mungkin akan masang banyak emoji ini, sebelum kemudian memutuskan upgrade ios 10. 😁🔫🔫🔫

Dan berikut fitur terbaru ios 10, yang gue kasih tau disini yang menurut gue bener-bener berubah aja ya:

 

1. Siri yang terintegrasi

Meskipun mesti gue akuin Siri kalah langkah sama asisten digital Android yaitu Google now yang sudah menerapkan bahasa indonesia untuk komunikasinya, tapi menurut gue siri masih jauh lebih baik untuk ukuran asisten digital bahasa Inggris ketimbang dua rivalnya Google Now dan Cortana (milik Microsoft). Keakuratan dan respon Siri terhadap perintah bahasa Inggris yang keluar dari suara kita dengan berbagai macam dialek dan logat, menurut gue poin plus untuk sebuah Asisten digital. Tapi sehebat apapun Asisten digital klo cuma bisa digunakan di ruang lingkup itu aja, sepertinya membosankan sehingga kurang terlihat manfaat kehadiran asisten digital itu sendiri.


Kemudian muncul pertanyaan “Kapan Siri akan diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga?” dan sepertinya pertanyaan gue terjawab sudah. Apple mungkin melakukannya secara bertahap, tapi langkah kecil Apple membuka akses pihak ketiga ini menurut gue merupakan jalan besar untuk pihak ketiga bisa mengawinkan aplikasinya dengan Siri, juga sebuah evolusi bagi kemampuan asisten digital kedepannya, dan yang paling penting adalah pengalaman baru bagi user iOS yang semakin dimanjain sama Apple tentunya.

2. iMessage

Pengguna Android yang mengharapkan Apple bermurah hati menyediakan iMessage-nya di Playstore mungkin mesti gigit jari ya. Karena belum saatnya, klo kalian bertanya kapan hal ini terjadi, mungkin gue bisa bantu jawab yaitu sama seperti Blackberry. Dimana saat reputasi platform tersebut mulai menurun, jadi klo menurut kalian iPhone masih keren, ya… Tunggu aja lah sampe iPhone ga laku. hehee


Info intinya bukan diatas, melainkan tampilan iMessage yang jauh lebih segar dengan banyak pilihan emoji barunya. Juga kali ini iMessage diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi ternama lainnya. Sehingga pengguna bisa mengakses lebih dari satu aplikasi sekaligus tanpa harus menutup atau meminimize iMessage. Hal ini mungkin dilakukan Apple agar iOs user lebih betah menggunakkan iMessage ketimbang messenger lainnya.

Kemudian fitur animasi seperti contoh saat mengucapkan ulang tahun bakal ada balon-balon muncul. Pilihan sticker seperti di aplikasi Line Messenger. Dan masih banyak fitur terbaru di iMessage, apakah ini cara Apple menyalakan genderang perang-nya untuk aplikasi kompetitor?

3. Notifikasi Bubble


Oke ini sebenernya udah bisa dimunculin sejak lama, cuma mungkin Apple sengaja menghadirkanya bersamaan dengan fitur cara cepat untuk menentukan aksi balasan pemberitahuan tersebut. Sehingga terlihat sangat futuristik banget untuk tampilan yang satu ini. Kita tau iOS terkenal sebagai os yang sangat efisien dalam hal apapun. Dan gue sangat meng-iya-kan visi mereka terlebih dengan kehadiran fitur baru ini. Ini yang gue maksud teknologi, ga cuma memudahkan dan memperingan tapi membuatnya sesingkat mungkin.

4. Maps


Kebayang ga fitur pada aplikasi Traveloka, Uber, sama Maps disatukan? Beh, doi bakal ber-mega-evolusi menjadi Maps versi iOS 10 ini. Pada Maps baru ini, kita bisa mencari restoran, pom bensin, hotel sama seperti pada Maps lainnya, tapi yang keren kita bisa langsung reservasi hotel dan restorannya, sudah dipesan? ga cukup sampe situ, buat kalian yang mager ngeluarin kendaraan atau terjebak disuatu tempat bisa sekalian pesan kendaraan semacam Uber langsung dari Maps tanpa perlu keluar aplikasi. Jadi dengan satu aplikasi, Maps bisa meraih semuanya. Sekali lagi, sangat amat efisien.

Ga semua gue jabarkan disini dan masih banyak fitur barunya, buat kalian yang ingin mempelajarinya sebelum meng-upgrade device kalian, bisa langsung meluncur ke situs resmi Apple untuk mencari tau lebih apa yang baru dari ios 10. Dan dari sekian panjang jabaran yang diselipkan curhatan diatas, saran gue buat kalian yang ingin upgrade iOS nya ke versi terbaru,  lebih baik menunda dulu, kenapa? biar kalian ga ikut ganggu server, sehingga gue bisa lancar upgrade hahaha. Eggak deh, becanda. nih alasannya:

  • Server lemot (karena banyak yang akses dalam satu waktu) sehingga bikin waktu upgrade lebih lama dari yang seharusnya.
  • Banyak bug (ini bisa bikin lemot SP [SmarthPhone] kalian)
  • Belum stabil (karena banyak bug, menimbulkan lag, banyak fitur yang masih harus diintegrasikan jadi pasti membutuhkan update untuk memperbaiki itu semua).
  • Boros Baterai (Konsumsi daya karena kerja hardware agak keras drpd biasanya untuk beradapatasi ama pembaharuan tersebut, jadi jangan kaget klo agak boros baterei).

 

Klo kalian pengen upgrade cuma takut hal-hal diatas, gampang. Tanya ke temen kalian yang udah upgrade, gimana rasanya OS 10, atau kalian bisa cek review langsung dari usernya di blog atau semacamnya. Hal-hal diatas adalah sesuatu yang mungkin terjadi bukan sesuatu yang pasti terjadi. Dan klo ngomongin probabilitas, itu bisa dihubungkan dengan perbandingan. Maksud gue mungkin bisa aja dari 1 banding 1000, smartphone lo ga lemot sementara yang lain lemot dan sebaliknya punya lo lemot yang lain enggak. 

Klo gue sederhanain lagi kasarannya, lo untung-untungan deh. Tapi keberuntungan lo juga ditentuin sama tipe smartphone lo, jangan samain 6S sama 4S, oke? karena untuk iPhone minimal yang bisa menikmati iOS 10 adalah iPhone 5. Jangan berkecil hati pengguna 4S. masih ada iOS 8, hihihi. See Ya!

 

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Siapa Mau iOS 10?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s