Launching GoPro Hero 5, Kamera Aksi Rasa Apel

Best GoPro

This is the best gopro we’ve ever made. -Nick Woodman

Pernyataan Nick Woodman si CEO nya GoPro sebagai pembuka video Introducing GoPro Hero 5 yang diupload tanggal 19 September 2016 inilah yang melahirkan judul tulisan gue kali ini. Gimana enggak, kalimat itu khas perusahaan Apple punya si Steve Jobs, yang selalu bilang produk barunya sebagai produk terbaik. Ya iyalah. Namanya juga produk baru hahaha. Tapi jadi aneh pas gue denger ini dari Woodman, karena doi ga pindah ke Apple kan? Hahaha. So mari langsung bahas action cam terbaik empunya perusahaan asal Amerika ini.

GoPro Hero 5 Black

Embel-embel “Black” yang notabene diciptain untuk pro, kali ini memiliki touchscreen di bagian belakangnya. Biasanya touchscreen hanya tersedia untuk GoPro Silver yang ditujukan untuk entry level. Dan kayanya untuk 5 ini ga ada varian Silver deh alias untuk pemula, soalnya gue ga lihat GoPro silver di video introducing-nya. Gantinya, pada level 5 ini, Gopro menyediakan GoPro Session 5 yang lebih murah karena spesifikasinya dibawah Hero 5 Black, dan GoPro Session 5 ga ada layar di belakang (Emang Session identik simple, tanpa layar).


Selain bareng Session, Hero 5 Black juga disandingin sama Karma (meskipun duluan Karma launching). *Karma itu apa? Hukum Karma? Apa Karma nya Plurk? Yang kalo mau hiatus mesti di freeze dulu, kalo gak ntar Karmanya turun.* Bukaaaan!! Ketauan, lawas banget sih mainannya!! Hahaha. ~melenceng jauh.

Karma itu drone buatannya GoPro, ceritanya mau nyaingin DJI. Nah karena saat-saat launching Hero 5 udah ditunggu dari kapan tau, sekalian deh GoPro ngenalin produk barunya itu, si Karma. Adzjii mumpuung Hihi


Fitur GoPro Hero 5 

Nah, fitur baru nih yang penting. Apa aja yang baru dari Hero 5? Yang jelas desas-desus Hero 5 mampu merekam video kualitas 8K itu HOAX. Karena kualitas video pada GoPro Hero 5 ini masih 4k. 4k aja ude bagus kok, apalagi buat kalian yang biasa nonton video yang format 3gp, hihi meseem. Dan inilah fitur untuk Hero 5 Black:

  • Layar touchsreen 2 inci
  • 12 MP kamera
  • 4k dengan kecepatan 30fps

Fitur Baru:

  • Microphone stereo
  • GPS
  • RAW Mode
  • WDR (Wide Dinamyc Range) video

Nah selain itu, fitur baru dari Hero 5 yang gatel pengen gue bahas itu anti air, perintah suara, GoPro Plus, dan image stabilization-nya.

Anti Air

Meskipun GoPro terkenal kamera aksi yang anti air, itu adalah berkat pelindungnya (kondom). Coba tanpa pelindung, dia sama ringkihnya dengan slr atau hp umumnya. Sekalipun ada, itu seri Session. Untuk Hero baru Seri 5 ini yang bisa. GoPro Hero 5 ini udah bisa langsung lo rendem air sampe kedalaman 10m tanpa rumah pelindung atau yang biasa kita tau istilahnya “housing”. Jadi beneran ga ribet, tinggal nyalain, langsung ceburin ke air. Ini baru keren.


Electronic Image Stabilization

Fitur ini ga ada di seri GoPro sebelumnya, bener-bener fitur baru untuk sebuah GoPro. Diklaim image stabilization sebagai penyempurna saat pengambilan foto dan video, fitur ini diyakini bisa bikin hasilnya jauh lebih baik dari seri sebelumnya. Meskipun kalian dalam keadaan bergoyang saat pengambilan gambar atau video, tapi ga sambil goyang itik juga ya. Setidaknya kalian bisa pakai fitur ini saat lari, lari dari kenyataan kalo dia udah nemuin yang lebih baik dari kamu. ~Eaaaaa. *Ada yang langsung jongkok nih di pojokan*

GoPro Plus


Fitur ini, sama seperti Cloud di Apple. Saat kalian mengambil foto dan video, GoPro akan men-syncing data kalian ke GoPro Plus agar kalian bisa dengan mudah mengakses foto dan video kalian lewat pc atau smarthphone kalian.

Perintah Suara

GoPro Hero 5 Black ini bisa diperintah pake suara. “Take a photo!” Cekrek!! Doi langsung moto gitu. Asik dah klo diperhatiin, selain disuruh motoin, doi bisa disuruh ngambil video, disuruh foto burst. Tapi doi ga bisa lo suruh nyuci piring, ntar apa lagi kerja lo kalo semua dia yang ngerjain. Hihi

Bahasa yang doi paham cuma 7, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Cina, dan Jepang. Indonesia mana nih!? Wah, coba dicek, kayanya pengguna GoPro Indonesia lebih banyak dari pengguna Gopro Jepang deh. ~Ini ga adil! Suruh Hero 5 masuk SD, eja “i en i ni – be u de i di” (gaje).

It’s Totally Simple

You just think it, say it, do it. -Nick Woodman

Ini quote dia banget baru nih, yang mewakili semua fitur GoPro Hero 5. Sederhana, bener-bener konsep sederhana nya sampe banget lewat pernyataannya di video introducing itu. Tampilan di touchscreenya juga amat sangat memudahkan pengguna menggunakan Hero 5 ini. Mungkin ini alasan Hero 5 edisi black yang gue bilang biasanya diproyeksikan untuk pengguna pro, kini disematkan layar 2 inci. Karena Woodman mau GoPro nya yang bener-bener Pro bisa dipake semua kalangan. Gue pikir Woodman berhasil menciptakan kalimat untuk menggoda pemakai baru atau konsumen setianya agar meng-upgrade GoPro-nya dengan GoPro yang baru ini.


Penutup yang Elegan

Gopro is much more than a camera company, gopro is an experience and sharing company, and gopro hero 5 is most connected gopro we have ever made. -Nick Woodman

Asik pernyataannya yang ini sih, pede banget dan untuk seorang CEO perlu banget nih ngeluarin kalimat begini. Seenggaknya buat ngeyakinin calon konsumennya beli produknya. Dan dengan segala kelebihan yang dia beberkan dalam video introducing tersebut, gue rasa kita tinggal nunggu review dari orang yang udah nyoba ini produk langsung. Biar lebih apdol. Hehehe. Di Amerika, prediksi rilis tanggal 2 Oktober dengan harga $399. Di Indonesia Sendiri, prediksi rilis awal tahun 2017 dengan perkiraan harga 5,2 juta rupiah. Mayan lah ya? Hahaha

Ok, sampai jumpa di kategori review selanjutnya. 🙂
*note: semua foto hasil screenshot video introducing GoPro Hero 5

Link video: YouTube.com

Advertisements

5 thoughts on “Launching GoPro Hero 5, Kamera Aksi Rasa Apel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s