Fvck The Police

Siapa yang tahu NWA? Klo ada reader cewe disini yang kenal sama mereka, bisa kali kenalan, pasti seksi deh (modus) hahaha. Senggaknya kesukaan musik kita sama, kesamaan bisa jadi awal kedekatan loh (dih, najis. Kenapa lu do?) hahaha. Ok, janji ga nyimpang lagi, lanjut bahas NWA. Siapa yang tau mereka? Klo belum tau, izinkan gue sedikit bercerita soal mereka ya. Dan selain dari tulisan gue yang kadang suka ngawur ini, kalian bisa nonton film biografi mereka yang judulnya “Straight Outta Compton”. Dan sebenernya ga cuma jelasin siapa NWA, mungkin gue agak sedikit me-review film nya di sini. 

Grup Rap Paling Sukses

NWA adalah grup rap yang merupakan singkatan dari Niggas Wit Attitude, wit disitu with maksudnya. Anggota NWA sendiri terdiri dari Eazy E, Dr. Dre (yang empunya headset merek Beats terkenal itu, meski udah diakuisisi Apple), Ice Cube (yang selain ngerap doi sukses main banyak film, salah satunya sebagai tokoh utama film XXX jilid dua, pengganti Vin Diesel di film sebelumnya), Arabian Prince, MC Ren, dan DJ Yella. Tapi dari sekian banyak anggota kalian cukup tau Dr. Dre, Eazy E, Ice Cube, karena mereka lah pentolannya, MC Ren dan DJ Yella sekedar tau aja, apalagi  Arabian Prince yang cabut duluan sebelum rilis album pertama. Mereka merupakan cikal bakal Gangster rap, juga sebagai revolusioner, pelopor pembuatan lirik  yang mengajarkan mewajarkan semua musisi dalam menggunakan kata kasar (seperti fak, madafaka, bic, hoe, pusi, dkk).


Dilihat dari namanya terbesit jika grup ini dibentuk bertujuan melawan dengan menciptakan citra baru. Klo menurut gue sih iya, kenapa? Karena gue lihat mereka membentuk grup ini tujuannya ingin memberi tahu dunia terutama Amerika jika “ras gelap” tidak sehina seperti yang mereka pikirkan. Apalagi tau lah ya sejarah negro di Amerika itu berangkat sebagai “budak”, yang “dibebaskan” oleh presiden Amerika ke 16, opa Lincoln. Sikap rasis itu tercermin dari dulu (sampe sekarang) di Amerika, terutama yang jadi sorotan adalah perlakuan polisi Amerika kulit putih terhadap warga kulit hitam. So, mereka bikin grup ini seakan-akan pengen ngasih tau, klo kulit hitam itu juga punya sikap, ga selalu urak-urakan, ga hina, dan menurut gue mereka sukses. Sukses bikin kulit hitam sekarang diperhitungkan disana (Amerika), sukses bikin ras gelap diakuin keberadaannya, dan sukses bikin negro bisa bergaya seperti sekarang, bahkan kulit hitam udah bisa lah ya bergaya pake tuxedo, petantang-petenteng nenteng beceng (menunjukkan klo mereka bisa melakukan apa yang kulit putih lakukan).


*foto asli mereka

Dari sana, menurut gue NWA merupakan grup rap gangster yang paling serem, paling gila, paling eksplisit, paling konroversial dan yang terpenting diakui dunia sebagai grup rap paling suskes sejagad. Gimana enggak, klo salah satu dari mereka aja yaitu Dr. Dre merupakan salah satu  sosok yang berperan “melahirkan” Rapper tersukses di dunia, Tupac Shakur. Tupac terkenal dengan lagunya yang berjudul “Changes” tentang harapannya yaitu semua orang di dunia terutama Amerika ga lagi rasis. Apalagi sepenggal lirik yang sekaligus jadi punch line berbunyi “We ain’t ready to see a black President” yang mendunia itu, ternyata benar-benar terjadi pada tahun 2009, 13 tahun setelah Tupac tewas ditembak orang ga dikenal, yaitu saat Obama memenangkan pilpres Amerika. Itu artinya apa? Itu artinya Amerika sudah mengakui keberadaan kulit hitam, bahkan mempercayakan sosok kulit hitam sebagai presiden. Dengan kata lain, Tupac yang merupakan “anak” dari Dr. Dre anggota NWA berhasil mewujudkan mimpi mereka. Gak heran Obama pernah nyeletuk di salah satu pidatonya yang kurang lebih berkata”Jika saja Tupac melihat saat ini presiden Amerika Serikat berkulit hitam.” kemudian disambut riuh penonton. *terharu*

Compton Punya Gaya

Asal mereka adalah Compton, banyak orang seantero dunia yang tau Kota Compton dari mereka, bisa dibilang Compton adalah kota kelahiran NWA, kota para dewa rapper. Jadi jangan bingung klo lihat banyak anak hip hop atau sekedar pecinta musik diseluruh dunia make atribut bertuliskan “Compton.” Karena asal muasal gangste rap dari sana. Klo ada yang nanya Compton apa, jawab aja “Itu kampung halamannya Dre.” Hahaha. Dan klo lo penasaran Compton kaya apa, gue bisa jawab suasananya persis kaya kota San Andreas di GTA San Andreas. Bahkan dulu waktu SMA gue sempet bilang klo San Andreas itu Compton, CJ itu Tupac atau mungkin Dre, dan yang paling eek ngaco saat gue bilang “Ryder itu si Eazy E.” Coba aja lihat, mirip kan? Mirip Paraaaaah.

img_7005-1

 

Fvck Tha Police

Ini lagu hits yang menurut gue paling fenomenal, mereka punya lirik ajaib yang sampai saat ini jadi umpatan andalan orang-orang pembenci “pole” seantero Dunia, terutama Amerika, terkhusus anak-anak muda. Klo sekarang sih udah bebas, nah klo waktu itu siapa yang berani menyeru begitu?  Ya cuma mereka (NWA) yang berani, udah saat itu polisi kulit putih lagi rasis-rasisnya, penggunaan kata “kasar” seperti fvck masih tabu di media, menghina belum se-eksplisit itu juga, sementaara mereka udah menggabungkan itu semua dalam satu lagu, bahaha. Keren ga? Keren parah, dapet respon positif dari penonton lagi. Makin kenceng aja udah si Ice Cube teriak “Fvck The Police!” Alhasil mereka dicekal, ga boleh manggung, sempet ditangkep malah. Tapi pasca penangkapan mereka, yang terjadi itu diluar dugaan polisi. Orang-orang justru pada demo, tertutama bawa embel-embel “kebebasan bersuara.” Kebakaran jenggot polisi, sedangkan NWA? makin seneng ajaaa.

Naik Cepat, Turun Cepat

NWA punya kekuatan untuk menarik hati pendengarnya, sehingga mereka mudah diterima dan jadi viral. Sayangnya, sehebat apapun mereka, tetap aja punya sisi kekurangan. Mereka hancur ga lama untuk ukuran sebuah grup, sebab “kekagetan” mereka yang tiba-tiba terkenal, kaya, diakui, dipuja. Ditambah si manajer yang menurut gue punya andil besar dalam kehancuran karir mereka. Selang beberapa lama mereka bubar, mereka sempet mau ngidupin NWA kembali, tapi apa daya Eazy E keburu meninggal karena penyakit Aids (ini kayanya karena doi kebanyakan main cewe) sebelum Eazy E memutuskan menikah. Dari kematian Eazy E, NWA cuma jadi sejarah.


Dibikin Film

Jauh setelah NWA bubar, tahun lalu yaitu 2015, perjalanan karir mereka difilmkan oleh Universal Pictures. Judul film nya sama dengan judul lagu hits mereka “Straight Outta Compton.” Asli seneng parah begitu tau musisi idola lo ada versi film nya hahaha. Tapi ga masuk Indonesia, menurut gue sih ya karena film ini punya dampak buruk (eits, dampak buruk buat siapa dulu nih). Apalagi pole Indonesia kan lagi bikin “paradigma” yang baik-baik kepada masyarakat, lewat acara 86 dan teman-temannya (pole kan baik, klo lo sibuk ga bisa ikut sidang tilang, bisa dibantu haha), masa iya diimbangi sama film NWA. BAHAHA

Di film ini menceritakan kurang lebih sama dengan apa yang gue ceritain diatas (yaiyalah, namanya biografi), cuma lebih detail pastinya. Dan klo lo tau soal NWA, saat menonton film nya mungkin lo agak bingung dengan alur ceritanya, karena waktu kejadian yang terjadi di film, agak kurang cocok pada kenyataannya. But overall gue bisa bilang film ini keren parah! Apalagi pas Ice Cube ngancurin ruangan produser musiknya, itu emosi gue kesel sama yang ngelarang film ini masuk bioskop Indonesia tersalurkan lah sama doi ahaha. Lebih lagi lihat aktor pemeran Eazy E yang menurut gue lebih mirip Almarhum Budi Anduk ketimbang Mendiang Eazy E hahaha, ngakak dapet wajah “dua” orang favorit dalam satu film sekaligus. Oke cooy! *Ala Budi Anduk*



Ikhtisar

Nah klo gue coba padetin tulisan ini dalam satu paragraf, NWA selain sebagai grup rap tersukses, mereka juga pelopor kebebasan bersuara dengan makna yang sebenar-benarnya. Cuma untuk di Indonesia, kayanya kurang cocok karena beda budaya yah. Ga semuanya bisa diterapin. Tapi kita bisa belajar dari Dr.Dre misalnya, dia ga perlu bertato, tapi pemikirannya di”tato” banyak manusia seantero dunia. Ga perlu dandan gangster buat ditakutin, tapi dia sendiri adalah anggota gangster rap paling ditakutin polisi di dunia. Banyak sih nilai yang bisa diambil dari NWA, cuman tetep harus meng-compare dengan norma dan budaya di mana lo berada aja. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Ya gak? Ya gak? Haha.

Oh iya! Bulan depan bakal rilis tuh film biografi Tupac, ajegile! Setelah liat trailer-nya Aktor pemeran mendiang Tupac nya mirip paraaah! Semoga masuk bioskop Indonesia. Mungkin next post gue bahas Tupac ya? Hehe. Dan sebagai penutup gue mau ngutip ucapan khas Ice Cube yang terkenal sebelum manggung bawain lagu Fvck Tha Police dan ada di Film nya juga (ini udah gue perhalus berkali lipat).

“Untuk semua polis yang jaga stage, coba dengarkan, ada yang ingin kami sampaikan. Karena kami melakukan apa yang ingin kami lakukan. Kami mengucapkan apa yang ingin kami ucapkan. Semuanya angkat jari tengah kalian setinggi-tinginya.” Lalu teriak.

“Fuc Da Police!” 

Yeay! See ya!

Advertisements

15 thoughts on “Fvck The Police

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s