Perpanjang SIM Sampai 5 Meter

Halo halo, mumpung abis magrib dan lagi santai gue mau bahas ini. Sabtu kemarin gue ke Polrestabes Bekasi untuk perpanjang SIM gue yang bakal abis akhir Oktober ini. Oh iya postingan kali ini gue mau bahas soal perpanjang SIM aja ya, yang jelas selain karena gue uda bikin sebelumnya, yaitu adalah ini pertama kali gue berurusan dengan SIM tanpa calo. Emang kemaren bikin SIM pake calo? Iya soalnya waktu bikin SIM, 5 tahun lalu itu dateng nya jam 11an, alhasil udah banyak orang dan ga keburu. Mau tak mau pakai jasa calo deh biar cepet. 

Nah balik ke topik perpanjang SIM, sebenernya rugi juga sih klo cuma perpanjang SIM pake calo, soalnya proses perpanjang SIM jauh lebih mudah dan cepat ketimbang bikin SIM baru. Beruntung kemarin gue bangun pagi, sampai sana setengah 8 dimana setengah jam menuju pembukaan pendaftaran yaitu jam 8. Tempat pertama yang gue cari adalah tempat fotokopi karena malem sebelumnya gue lupa mau fotokopi, alhamdulillah pagi itu doi buka. Nah! Untuk menghindari kesialan, saran gue lo siapin hal-hal ini sebelum kesana:

  • Fotokopi KTP (5 lembar)
  • Pulpen (ini gue juga ga bawa akhirnya keluar dulu beli pulpen)
  • Uang pas 25.000 (untuk biaya kesehatan)

Setelah fotokopi gue nanya ke tukang fotokopi buka jam berapa tempat pembuatan SIM. Penjaga toko itu bilang bukanya jam 8, tapi kita udah bisa ikut antrian di loket tes kesehatan. Langsung aja gue menuju kesana, ternyata disana udah lumayan banyak orang yang antri untuk tes kesehatan, karena gue katro nan norak baru pertama kali ngurus beginian secara jujur. Gue pelangak pelongok ngitilin orang yang udah paham. Di loket kesehatan kita bisa antri dengan cara menaruh dua lembar fotokopi KTP di tumpukan fotokopi KTP orang-orang yang sudah lebih dulu antri menunggu panggilan, setelah itu tinggal tunggu aja. Jam 8 gue taruh KTP, gue tinggal makan laper soalnya. Jam setengah 9 kembali kesana, 10 menit nunggu nama gue dipanggil. Tes kesehatan disini ga lama, kita ditanya tinggi badan, berat badan sama petugasnya, karena gue ga tau tinggi gue brp (terakhir inget 168cm) gue jawab aja 165 cm. Anehnya mereka ga sadar di SIM gue sebelumnya tinggi gue 168 cm. Wkwk mendek dong guee.

Setelah petugas ngisi tinggi dan berat badan kita, kita diminta biaya Rp. 25.000,- untuk tes kesehatan. Kemarin tes kesehatannya cuma tes mata (disini gue beru ngeh mata kanan gue agak rabun dikit, dikit aja masih lancar klo untuk ngelihat), setelah tes mata kita dapet lembar hijau gitu. Dari ditanya tinggi dan berat sampe tes mata, ga makan waktu sampai 5 menit kok. Nah setelah lolos tes kesehatan kita boleh lanjut ke tempat pembuatan/perpanjangan SIM.


Begitu gue kelar, langsung keluar dan ngeliat antrian udah jauh lebih rame hampir 5 meter, sekarang tau kan kenapa judulnya begitu hahaha. Jam 9 kurang 15 gue udah seneng megang kertas ijo ini.  Lanjut lah ya gue ketempat pembuatan SIM, sebelum meminta formulir pengajuan perpanjangan SIM kita diminta transfer BRI Di kasir sebesar Rp. 80.000,- untuk perpanjang SIM (karena gue mau perpanjang SIM A)


Bisa dilihat di gambar ya untuk tarif yang lain pembuatan/perpanjang SIM. Setelah transfer kita boleh minta formulir untuk diisi. Disini gue bego parah, gue nungguin orang kelar nulis, harapan gue adalah abis doi nulis, gue yang nulis. Tapi harapan tinggal harapan, begitu kelar nulis, pulpennya dimasukin tas dan dibawa pergi, disini gue cuma bisa diam berdiri merelakan doi pergi sama seperti saat lo pergi meninggalkan gue (njir, galau gini jadinya). Gamau berlarut, gue move on keluar untuk beli pulpen. Dapet pulpen langsung gue isi, selesai ngisi gue kasih penjaga loket dan menunggu panggilan untuk sesi foto. Asik!


Jam 9 selesai isi form nunggu panggilan untuk sesi foto, sebelum foto kita bakal ditanya ulang tentang data yang udah kita isi sebelumnya untuk konfirmasi. Setelah dipanggil untuk foto, tinggal menunggu SIM baru kita mateng deh (10 menit). Dan begitu dipanggil untuk ambil SIM, yeay! Akhirnya berhasil juga gue perpanjangin SIM secara jujur! Jam setengah 10 selesai. Gak lama kan? Kuncinya datengnya pagian dikit, klo bisa sebelum buka. Jangan kaya gue waktu bikin SIM dulu dateng jam 11, orang udah mau bubar gue baru dateng. Jadinya gue PDKT ama abang-abang calo dah. Untuk harganya sendiri calo itu bisa melonjak sampe 3-5 kali lipat dari harga yang sejujurnya. Jadi mending dateng pagian deh, uangnya buat ditabung untuk nikah, iya, nikahin kamu (cuih, pada ngeludah nih reader) hahaha.

*sumpah itu kumis gue ga nyantai banget ujungnya, perasaan waktu ngaca dirumah kumis gue rata, begitu dijepret minggir keujung semua, njir*

Maafkan gue yang berpipi tirus itu ya, maklum kan orang kurus begitu dimana-mana, bahaha. Gimana dengan kalian? Punya pengalaman ga waktu bikin/perpanjang SIM? Cerita-cerita ya! Oh iya abis ini gue mau niban sekalian sama post cerita gue mengunjungi desa sasak Lombok. Tunggu yaak!!

Advertisements

27 thoughts on “Perpanjang SIM Sampai 5 Meter

  1. Maafkan aku yang salah fokus sama kumismu do *ngakak dulu* dan ultah di bulan oktober, ciee ciee
    Sebenernya cara jujur sekarang buat ngurus apapun bisa kok dipermudah, cuma banyak orang yg masih males aja buat nyoba, hehe

    Liked by 1 person

    • Ciee di kadoin ama mba Presyl hahaha *ngarep*

      Iya mba, itu dia yang keren gue berasa klo skrg emang dimudahkan meski kita mau lewat cara jujur. Biasanya kan agak jutek dan agak dipersulit gitu klo main jujur. Tapi skrg udah enggak, bener kata mba harus nyoba. hehee

      Like

  2. pernaaah dan waktu itu di polresta bekasi =))
    gara-garanya mau perpanjang di sim keliling eh gak bisa karena belum H-14 hari kadaluarsa, jadilah disuruh ke polresta.
    eh gak taunya di polresta lebih oke dan minim antrean! (y)

    Liked by 1 person

    • Woy mba, samaan duuoong kitaa hahaha di Bekasi. Haha iya mba Lynn udah enak skrg ngurus SIM ya mba, cepet pet pet hehehe makasih udah mampir dan komen mba 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s