5 Lagu Rap Sedih

Setiap manusia punya caranya masing-masing untuk menghilangkan galaunya, salah satunya ialah dengan cara mendengarkan lagu. Bagi mereka yang memilih untuk mendengarkan lagu, pasti mereka punya lagu kesukaan tersendiri, baik itu lagu sedih atau lagu penyemangat. Dan klo gue kumpulin semua lagu sedih di playlist gue, ga sedikit yang berasal dari genre hip hop. Khusus untuk tulisan ini gue mau bahas rap, rap adalah bagian dari hip hop. Pelaku rap disebut rapper atau MC, yang merupakan salah satu unsur hip hop diantara DJ, grafiti, break dance, fashion, bahkan basket (dari sini bisa gue bilang hip hop bukan sekedar musik melainkan sebuah budaya, kapan-kapan gue bahas tentang ini), tapi sekarang gue mau bahas sedikit soal rap dulu. Rap sendiri bisa di kolaborasikan dengan berbagai genre dari hardcore jadinya rap-core sampai dangdut jadinya rap-dut (genre apapun). Inilah yang jadi salah satu keunggulan rap, selain itu menulis lirik rap itu sulit, sama seperti puisi cuma lebih kompleks karena rap lebih macam gayanya lo bisa memainkan kata (wordplay), rima, membolak balikan kata, majas, menyisipkan punchline di setiap baris, dll. (Baca juga: membuat CV yang keren)

Rapper sendiri sangat jarang menuliskan kesedihannya dengan kata-kata menye, biasanya dengan kata motivasi, sedepresi apapun rapper, doi mengungkapkannya dengan kata yang keren. Ga percaya? Coba cari sendiri lagu rap sedih yang kata-katanya menye. Dijamin susah deh, paling nemu satu-dua aja, sisanya seperti yang gue bilang tadi. Yauda masuk ke list, sebenernya banyak genre hip-hop yang sedih dr DMX, Nas, Tupac, Kanye West, tapi gue mau bahas rap yang lebih masuk ke kuping siapa aja (karena rap ga melulu soal hip hop). Jadi langsung aja ya masuk ke listnya, hitung mundur bang!

5. Lonely by. Akon

Naaaaah! Siapa yang suka nyesel pas putus? Eaaa. Siapa ayo siapa?!! Gueeeeeee *nemplok dikaca bareng wiper*

Nih lagu nya Akon, karena gue mau bahas yang umum. Masuklah doi ke list gue ini, selain singer doi juga dikenal sebagai rapper. Doi bisa nge-rap looh (wajar sih kulit hitam emang jago ngerap kebanyakan). Lagu ini bercerita tentang seorang cowo yang kesepian setelah ditinggal kekasihnya. Tapi tidak untuk gue yaak. *meluk guling*

4. See You Again by. Wiz Khalifa

Yang keempat ini pasti tau lah yah, didedikasikan untuk mendiang Paul Walker sekaligus menjadi soundtrack film Fast Furious 7. Lagu ini bercerita tentang keinginan seseorang untuk bertemu (kembali) dan bercerita dengan sosok yang disayanginya, karena sudah tiada. Gue sendiri sih berasa sedih denger lagu ini, terlebih lagu ini ditujukan untuk idola lo yang udah kagak ada. Kenapa mesti yang ganteng sih yang mati, kan ada si item botak tuh temennya doi di film itu. :’)

3. Song Cry by. Jay Z

Rapper yang emang sudah lama berkecimpung di genre Hip hop ini punya beberapa lagu sedih, tapi yang ini, judulnya aja udah begitu. Lagu ini bercerita tentang pengungkapan kesedihan ditinggal kekasihnya, tapi seperti gue bilang tadi rapper selalu mengungkapannya secara keren meskipun matanya ngalir air kek keran.

2. If You Could See Me Now by. The Script

Nah keren kan The Script masuk urutan ke dua, iya ini merupakan bentuk penghargaan gue, karena si pentolan The Script, Danny O’Donoghue merupakan penyanyi (yang bukan murni seorang rapper hip hop) yang selain merdu suaranya, bisa main alat musik, plus doi bisa nge rap. Aelah, diborong semua. Hahaha

(Lihat Juga: 5 Lagu Chill terbaik untuk bersantai)

Lagu ini bercerita tentang kerinduan kepada orang yang dicintainya karena sudah tiada. Tapi meski sedih, dilagu ini O’Donoghue punya lirik yang keren. Cek sendiri yak. ๐Ÿ™‚

1. When I’m Gone by. Eminem

Naaah lagu ini punya korban nih. Di urutan pertama ini berasal dari rapper termahal sejagad, dan doi milih-milih negara mana yang mau dikunjungi (Indonesia dong bang). Lagu yang diciptakan eminem a.k.a Slim Shady a.k.a The Rabbits a.k.a Marshall Mathers (nama asli) ini menceritakan cerita dari sudut pandang seorang ayah.

Balik ke kalimat pertama gue yang bilang lagu ini makan korban, ialah Mega temen gue yang saat itu sama gue lagi di Cafe tiba-tiba berkumandang lagu Eminem berjudul “Mockingbird”, saat lagu melantun dia mulai menye. Karena gue ikut nyanyi, dia nanya “Do, lo tau lagu ini?” Gue jawab iya. Dan dia nanya lagi “Ini Eminem ya?” Gue jawab lagi iya. Terus dia nanya “Ini soal orang tua sama anak ya?” Dia nanya itu gue jelasin dah plus gue kasih tau klo di hp gue ada lagu lain Eminem yang hampir sama ya ini “When I’m Gone.” Dia dengerin pake headset, tau-tau nangis. Ternyata dia lagi kangen sama bokapnya (yang udah ga ada).

Sumpah klo tau dia lg baper ga gue kasih denger lagu ini. Dia ngeliat apa yang Eminem tulis itu sama kaya cerita dia sama bokapnya, dimana sebelum meninggal, Mega ini emang lagi agak bersitegang gitu. Sedangkan dimana-mana bokap yang sok tegar pasti sayang banget sama anaknya ya kan? :’)

Dia nanya “Eminem ini bokap yang bijak ya?” Gue bilang “Iya Eminem emang bijak klo nulis lirik soal keluarganya” (panik mo ngapain). Klao mau lebih jelasnya bisa denger sendiri ya. Dan ga berasa udah mau subuh, inilah 5 daftar rap ber-lirik sedih, semoga kalian suka. Sampai jumpa lagi hehee.

Advertisements

23 thoughts on “5 Lagu Rap Sedih

  1. Pilihan lagunya oke banget! Kalo lg galau aku sukanya denger lagu yg ngebeat dan liriknya nggak menye2. Trus kalo ada waktu, naik motor ke jalan yg sepi (biasanya ke jalan luar kota). Sambil motoran teriak sepuasnya.

    Liked by 1 person

  2. kalau galau emang enaknya pasang headset dengerin lagu. ๐Ÿ˜€
    nah lagu- lagu yang disebutin diatas itu yg nggak familiar cuma no 3. baru ngeh, ada juga ya lagu rap yang sedih. :/
    oh saya inget pengcover lagu di youtube conor maynard sama anth di lagu apa gitu ( saya lupa) ada rapnya yang begini :You donโ€™t even need a gun, you donโ€™t even need a pill, if you ever wanna die, fall in love and youโ€™ll get killed. ๐Ÿ˜€ nah kurang baper apa itu. hohoho *inikomenapaan*

    Like

    • Iya emang susah nyari lagu dengan rap sedih. Pasti sok sok tegar. Hahaha.

      Baru ngecek tuh mba, cover lagu Adele ya? Ajib tuh mba rappernya ๐Ÿ™‚ Keren kan rap mba? Sedih nya aja tetep bikin kalimat keren hahaha ga menyee. Hihihi

      Like

    • Klo gue blm pernah bang nangis gegara cewe (boong banget), temen gue tuh yg mesti mabok dulu baru nangis wakakak
      Klo dibawa jalan-jalan aja udah hilang galau gue. Heheee

      Like

    • Waah ada fans-nya The Script hehee. Tapi emang bener ya mas, orang satu itu kece, multitalented banget deh hehee

      Btw makasih sudah mampir dan komentar mas hehee

      Like

  3. Anonymous says:

    kalo lagu rap galau aku cenderung lebih suka kpop/k-hiphop sih :/ btw pernah coba spoken words (semacam musikalisasi puisi, gak jauh beda dgn rap) kyk hotel books? atau melodic hardcore + spoken words kyk being as an ocean?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s