Sepupu Itu Seru

Selamat tengah malam, kali ini gue mau cerita keseruan kegiatan jalan-jalan gue sama sepupu gue klo kami lagi pada ngumpul. Biasanya kami ngumpul klo lg pada mudik (idul adha/fitri), acara rutin keluarga besar (5 tahun sekali), atau klo ada yang mau nikah. Dan sebelum gue bercerita lebih jauh, mungkin kebanyakan foto pada postingan ini akan minim muka gue(yang bener)nya. Sebab kebanyakan gue yang jadi tukang foto. Kenapa? Karena ini!

-Gue salah apa?! Kenapa begitu gue yang difoto, nyari momen nya ga pernah pas wooooy, gilaa! Pada jahat njirrr. (2014) 😭😭

-Sekarang muke gue yang gelap banget, emang gue minta foto siluet? Kagak! Gue tau ini backlights, tapi emang kaga ada flash? Kaga bisa dinaikin iso nya? Jahat asli sepupu gue, pahiiit! *gue yang baju item putih, biar tahu aja.* :’) (2009)

Kita itu biasanya ngumpul di—bentar, Do! Inget kata Dosen dulu

“Kita dan Kami itu beda, klo anda bercerita tidak melibatkan/mengajak lawan bicara, kata ganti orang jamak yang digunakan adalah Kami.”

Tapi, tapi, tapi saya tuuuh orangnya suka ga enakan Pak klo ga ngajak-ngajak, entar dikira sombong. :’) Jadi pake kita aja ya Pak. Pleaseee, teorinya saya inget kok. Klo praktek ngelanggar dikit gapapa ya Pak, toh nilai saya A kan kemaren Bahasa Indonesia. *mameer, tukang stiker motor mameeer pake di bolt segala A nya* hahaha canda yak, sekedar hiburan tengah malam hahaha—tapi rencana gue pake “kita” itu tetep serius. (Reader nanti jangan komen, “Kita? Lo aja ama Alek!” yaak. Minggat nih gue klo digituin. Gausah dilarang! Jangan ditahan-tahan!) hahaha *intermezo*
-Keren kan? Gue nih yang moto, gueeee. Ada juga pas gue yang dipoto, tapi udah, gausah dibahas. Tau lah yah. :’) (Pantai Way Hawang 2014)

Kampung nyokap gue itu terletak di Bengkulu, tepatnya Bengkulu Selatan (4 Jam dari pusat kota). awalnya gue males banget diajak kesini. Karena ga ada apa-apa! Sepi (kaya di Lombok, Belitung, daerah-daerah semacam itulah), tapi begitu gue akrab sama sepupu, kita jadi sering jalan ke pantai (Bengkulu punya banyak pantai kereen, baca di sini klo kepo), dan karena itu mudik rasanya tuuuh kaya liburaan. Apalagi Bengkulu Selatan itu dikenal sebagai lokasi kumpulan banyak pantai kece bahkan diakui oleh orang Bengkulu-nya sendiri. Huhuuuy.

-Ini baru setengahnya, seriusan ini baru setengahnya untuk generasi kedua (gue dan para sepupu doang—maaf ipar ga dianggap haha), waktu itu banyak yang ga dateng, beberapa ada yang polisi dan tentara jadi pada nugas diluar kota.

Kita itu (gue dan para sepupu) biasanya ngumpul dan nginep di rumah kakak tertua nyokap gue, meskipun ada juga rumah nenek. Tapi karena rumah nenek gue masuk ke dalem dan di ujung deket kebun sawit, plus kamar mandinya itu kamar mandi luar, kita para sepupu pada ogah tidur dirumah nenek, belum lagi kismis (kisah misteri) para orang-orang tua disana. Biarkan mereka para orang tua saja yang ngumpul disana, kita anak muda nongkrongnya di rumah depan aja. *Ogaaah, gue ogah dah mau ngencing tau-tau kaki gue dipegangin. Makasih!*

-Ini rumah nenek gue, klo siang enak banget sejuk, ada suara kumbang, burung. Tapi klo malem tau dah ada suara apa aja.~ (2010)

Rumah nenek gue itu masih rumah adat dan rumah adat Sumatera kebanyakan rumah panggung. Foto diatas baru setengah direnovasi. Berhubung warisan penerus (yang merawat) rumah itu jatoh ke tangan nyokap, doi berinisiatif melakukan pemugaran. Gue belum foto lagi rumah nya seperti apa sekarang. Yang jelas terakhir, tahun lalu gue dapet kabar rumah nenek gue dikotrak stasiun tv lokal sana, untuk shooting lagu-lagu adat Bengkulu. Yeay! (FYI rumah adat Bengkulu udah jarang banget).

-Lihat kan pengorbanan gue sampe nungging gitu? Dan lihat kan gue lagi nungging gitu masih difoto juga :’) btw itu yang nongol diselangkangan, gesper yaa, bukan yang lain!

Nyokap punya keluarga besar (dalam arti yang sebenarnya), dia merupakan anak ke 13 dari 14 bersaudara. Banyak kan? Ga boong kan? Lalu timbul pernyataan “Neneknya Edo doyan juga ya bikin anak.” Jangan salah sangka, gue juga mau 12 dari 14 saudara ini merupakan gabungan anak dari nenek gue dan kakek gue (sebelumnya mereka uda nikah dan cerai mati 22nya). Dari hasil pernikahannya itu lahir emak gue dan adiknya. Jadi nyokap gue bisa dibilang apa itu istilahnya lupa gue, tapi klo di Bengkulu itu istilahnya “penghimpit” (penyambung) antara 6 anak dari kakek dan 6 anak dari nenek. *pusing-pusing dah tuh*

-Gue trauma difotoin, gausah sok-sok pada baik megang hape sok-sok mau moto gue, gue foto sendiriii ajaaaaa! (2014 acara keluarga)

Enaknya gue sebagai sepupu, gue bisa kemana-mana tanpa ada istilah “sepupu tiri” hahaha. Sebenernya kita (gue dan sepupu) baru deket ini sekitar 8 tahun terakhir. Sebelumnya kita tuh klo mudik ga ada yang negor, sekedar salim-salim aja, ga ada yang keplak-keplakan, ga ada yang ngumpat “anjirr, es gue diabisin!” Pokoknya kaku deh.

-ALHAMDU, muka gue agak beneran. Ga gelap, ga ngeblur, momennya tumben pas. (2013)

Tapi semua berubah ketika nyokap berinisiatif bikin acara keluarga berupa lomba-lomba untuk mengakrabkan sesama keluarga. Dan nyokap sukses, alhasil sekarang klo mudik, siapa yang nyampe duluan pasti bbm “Woy, udah dimana lo? Gue udah nyampe nih”, atau yang belum nyampe bakal ngabarin “Do, Ferri yang gue naikin mogok nih. Dorongin dong” (bodooo amaat).

-emang gitu ayuk-ayuk (panggilan kakak perempuan) gue kelakuannya. (2010)

-mejeng teruss mejeeeeng teruuss

Gue dan sepupu kalo dikumpulin mungkin ada sekitar 60-70 orang (belum termasuk ipar). Dan hampir 50% seumuran sama gue, sisanya diatas gue beda 5-20 tahun. Apalagi yang masih kecil cuma 2 orang. Jadi kita (sepupu yang belum bekeluarga) kompak selalu bikin acara sendiri tanpa dikoordinir, jalan-jalan, bakar-bakar apalah itu. Berapa pun orangnya klo lagi pengen jalan, langsung “kuy!”

 -Ini pantai sepi paraaah, cuma gue sama sepupu-sepupu gue doang isinya. (2010)

Tapi ga terlalu banyak yang suka jalan, soalnya hobinya beragam (ada yang sukanya mancing, ngopi doang di teras mantengin gadis desa, nyanyi, tidur, macem-macem lah). Intinya kita mencar sesuai hobi masing-masing. Jadi maklum klo mukanya itu-itu doang dari sekian banyak, karena merekalah yang hobi jalan.

-ini baguus, coba gantian gue yang berdiri disitu. Langsung ngeblurr. *salah muka gue kah?*

-ah nyokap ikutan aja nih, tampol nih. “Apa lo Do!” Iyaaaa maap Buuu. *buru-buru sungkem*

-akuuuh terus yang moto 😭

-Teruuuussss ajaah
Klo siang jalan-jalan, kalo malem kita bbq-an dirumah, ngopi sembari main dom/gaple (dipakein bedak yang kalah), main gitar, di halaman yang luas dibawah pohon kelapa. Klo malem suara air laut yang menghantam batu (radius 800m) kedengeran dari rumah ( yg lokasinya pas dipinggir jalan lintas). Seger banget deeeh. Terakhir acara keluarga itu 2014, next 2019. Tapi kayanya Desember ini mau kumpul lagi karena ayuk Anita mau nikaaah. (Ditinggal nikah lagi gue) hahaha :’)

-cieee yang mau nikaaah

-Ga ada gandengan lagi dong gue disana yuuk :’)

Dan Keakraban kita ga sampai sini, sepupu gue yang mau main ke Jakarta pun gue sambut. Gua ajak main ke tempat wisata disini, jadi kita sama-sama nge-guide hahaha.

-moto sendiri terussss

Jadi ga cuma pas kita disana aja jalan-jalannya. Begitu mereka mau ke Jakarta, gue yang dicariin mereka untuk jadi guidenya. Sepupu aja ngajak jalannya sama akuh, kamu kapan mau jalan sama akuuh nyaah? *Preeet*

-Biarin aja, biariiiin aja muka gue begitu tetep aja dijepret. Biarin ajaaa. *hadeeeh (ngela napas), sabaaar* (monas, 2013).

Kepanjangan ya? Hahaha maap yak, seru sih klo lagi ngomongin sepupu. Persis judul, sepupu itu seru! Paraaah! Dan ini last one (terakhir), foto terbaik yang pernah dijepret sepupu gue (dari sekian banyak) tapi gue akuin ini yang terbaaaik. Hahaha. Makasih kak Ical !

-lovely banget dah aaaaah

Yauda yaaah, kalian juga pasti akrab kan sama sepupu? Sering geplak-geplakan ya? Jangan. Digigit ajah hahaha. Seru kan seru kan? Jadi pengen mudik yak? Hahaha. Kuy lah!

Advertisements

31 thoughts on “Sepupu Itu Seru

    • Hahaha iya mba Momo, itu banyak juga yang udah punya cucu. Sama doong berarti kitaa mbaa, dipanggil nenek dan kakek. Uhuuuy. *padahal saya bikin anak aja perasaan belum pernah* Wakakak

      Like

      • Samaaa seperti itu mba Momooo respon saya pertama tau ternyata uda punya cucu, *bini gua manaaa bini guaaa*wakakakak

        Eaaa, ujung-ujungnya ga enaak. Jadi kakak tua hahaha. Tapi itu rame dan seru juga pasti ceritanya ya sepupu + cucu mba Momo klo lg pada kumpul huhuuu

        Like

  1. A. says:

    Kenapa foto trakhir bikin kpikiran ggs haha.

    Mama luarbiasa tuh inisiatifnya. Kompak pula ada kaosnya gituu.

    Seru yaa banyak yg seumuran. Klu dr keluarga mama atau papa, aku kesepian ~ eh maksudnya umur nanggung. Rata2 pd berkeluarga, atau dibawah dan mereka punya rencana main sendiri :’)

    Liked by 1 person

    • Ggs mana nih ris? Entar ganteng2 Suek nya bang Alek lg wakakak
      Iya doi emang gitu suka seru sendiri, tapi emang seru sih hahah
      Cie yg kesepian, hahaha :p
      Emang yang nanggung nya cuma kamu doang Rin? Iya klo uda berkelompok umurnya pasti main sendiri2 hahaha sama kaya gue itu Rin.

      Liked by 1 person

  2. Aku juga punya sepupu ada sekitar 55 orang do, ibuku anak ke 12 dari 14 bersaudara dan rata” mereka anaknya banyak cuma ibuku aja yg anaknya 2 dan berhubung adek sudah almarhum jadi aku sendiri,, emang seru ya punya sepupu banyak…

    Liked by 1 person

    • Buanyak juga itu mba Ulfa hahaha. Lah sama kaya ibu saya jg berarti 12 dari 14. Dan sama mbaa, yg lain anaknya banyak, klo ibu saya cuma 3. Oh adik mba Ulfa uda almarhum, turut berduka ya 😢
      Mba ulfa ngapain aja sama 55 orang itu? Pasti seru-seruan bgt yaaak. Hahaha

      Like

      • Waaah sama sih bokap ku juga orang betawi, ngomongnye apa lu kate. Apalagi dia suka ngejoke+ ketawa malih tong tong. Njir ini sumpah gue suka ngakak mbaaa.

        Toss mba, sama-sama betawi punya gaye ni yee hehehe

        Like

  3. wwiihh.. bener, banyak banget ya do! Sepupu saya dari ibuk cuman 5 dari bapak nggak sampai 10 dah. 😀 itu juga nggak dekat2 banget. umurnya beda jauh soalnya. hehehe.
    itu foto pantai- pantainya! suka banget! 😀 boleh tuh kamu jadi guidenya kalau aku kesana.

    Liked by 1 person

  4. Edo lagi rajin ngepost! Ihiiy.
    Asik bener dah itu rame gitu sepupunya, sepupu gue cuma ada setengahnya, tapi kebalik sama lo. jaman bocah akrab bener sama sepupu, makin gede makin awkward pas ketemu (berhubung di palembang juga sih), tp sepupu di jakarta juga pada sibuk berkeluarga 😭😭

    Liked by 1 person

    • Dibalik WP yang update terdapat IG yang terbengkalai yuk wakakak
      Itu yuk klo uda bekeluarga pasti beda kayanya ya, sepupu gue jg gitu. Yang uda bekeluarga tuh jadi yang anggun atau kalem sambil gendong anak wakakak
      Yang petakilan mah yang belum bekeluarga aja. Btw ayuk gue itu mau nikah sama orang Palembang ntar. *Pesta Cukooo* hahaha
      Emang enak tau Rumah itu yuk, cuman serem. Yang dipinggir jalan aja sepi, apalagi yang di dalem gitu. Hahaha

      Like

  5. Dimas Candra Sugiarto says:

    Ah…… Sepupunya banyak amat 😂 aku aja gk punya sepupu lho… Mamaku anak tunggal dan adik ayahku baru mau nikah bentar lagi wkwk…

    Btw masyaallah pantainya keren bgt 😍😍😍 kapan2 pengen ke Bengkulu juga ahhhh

    Like

    • Gue rasa mereka pas moto itu nungguin dalem hati “ayo Do pasang muka freak, pasang muka freak” begitu muka gue freak, langsung pret, dijepret hahaha hasilnya begitu deh. Iya sih meski susah bgt buat kumpul 100%. Keluarga lo gimana Mba Dhin? Sering gathering jg kah?

      Btw, minggu jadi ke gramednya?

      Like

      • bahahahahaha. makannya ajarin mereka motret lah, biar gantian motretin.

        keluarga gue gak terlalu besar.😂terpisah-pisah pulau jawa dan sumatra. gathering paling kalau ada nikahan.
        .
        iya jadi ke gramed. doain semoga lancar ke sananya.
        bang edo mau ke gramed gak?

        Like

      • Hahaha udah mbaa, cuma mereka tuh mikir “ah ada edo ini.” Fakk, guee kan juga pengen dipoto (yang bener) hahaha😭
        Ih sama gue juga kepisah2, bener ya mesti ada yang nikah dulu baru kumpul hahaha kayanya semua keluarga begitu. Hehee
        Amiin, biar lancar dan sukses. Hehee minggu ya? Masih abu2 nih. Entar deh klo kesana dikabarin. Dr kpn acaranya? Gue bingung kesananya kpn. Entar gue kesana elonya lg seminar, seminar terbuka & gratis atau seminar berbayar mba Dhin?

        Like

      • kasihan sekali kau, bang. ada masanya difotoin bagus, saat prewed loe nantiiiiiiii#entah kapan.
        .
        acara seminar gratis, bang. dari jam 10 pagi sampai sorean mungkin jam 16.00.
        tau Kampus Fiksi, nggak bang?. guest starnya paling dari alumni-alumni kampus fiksi. gue semangat banget buat ketemu mereka.😂#curhatdipostinganorang.

        Liked by 1 person

      • Jangan bawa bawa nikaah kek Mba Dhin hahahaha 😭

        Wah enak tuh, permah denger tapi kurang tahu. Tapi kayanya seru tuh.. iya nanti klo beneran ga ada halangan gue ikut, atau minimal gue nyusul ya mba. Gapapa kan? Nanti kabaran aja ya mba klo mau hari H. Hehehe

        Liked by 1 person

      • yah baper dia.😂
        .
        iya nyusul aja, bang. acaranya gratis ini. kalau ikut dari awal lebih bagus lagi, siapa tau loe bisa jadi minat mau jadi penulis novel, cerpen, puisi.
        iya kabar kabaran aja di postingan ini.ngoahaha

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s