Sate Maranggi Haji Yetti Terlanjur Nyantol di Hati

Ketika siatan langsung peresmian Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud kemaren nyokap gue langsung nyeletuk “Itu ada air mancur terbesar, pesen hotel lah minggu besok liburan kita.” Dalem hati gue bodo amat Bu, dari kemaren pan gue ngajakinnya. Giliran masuk tipi baru sadar dia. Dia ga percaya sama anaknya satu ini yang udah bebusa ngasih tau klo disana ada air mancur yang diklaim terbesar se-ASEAN. Anakmu sendiri Bu! :’)

Sebulan lalu kan gue uda cerita sebelumnya klo gue uda bolak balik Purwakarta (dua kali doang padahal). Nah dari salah satu cafe disana gue melihat ada poster tetang objek wisata di sana, dan salah satunya Situ Buleud ini. Dan gue dikasih tau sama akang pelayan cafe itu klo Februari akan ada peresmian air mancur terbesar itu. Gue udah kasih tau nyokap, cuma gue ini macam tutup Cornetto, ga dianggap. Ya syudah. Btw sebelum mulai ini salah satu postingan pertsma untuk mengisi sub kategori kuliner di kategori free, akhirnya setelah beberapa juta menit keisi juga ini sub. Hahaha.

Dan selama bolak balik itu gue nyobain beberapa tempat makan dan salah satunya yang berkesan adalah Sate Maranggi Haji Yeti. Gue tau tempat ini dari nyokap yang tau-tau ngomong sama hape “restoran terdekat.” Dan google menyarankan satu tempat ini, berarti tempat ini udah terdaftar dan ga susah untuk ditemukan oleh kalian yang mau nyoba ini tempat makan.


Awal masuk gue ga engeh kalo tempat ini ternyata gede, gede bangeet. Sampe sampe gue berani bilang belum pernah lihat tukang sate di jabodetabek yang segede ini. Di sini ternyata ga cuma jual sate, tapi berbagai macam makanan dari yang biasanya ada di menu tukang sate (kaya sop, nasi goreng kambing, soto) sampe yang ga ada hubungannya sama sekali (rujak, sayur asem, gado-gado, asinan, tutut/liling/keong sawah yang kecil, masih banyak lagi). Selain makanan yang bermacam jenis, Sate Maranggi juga menjual Souvenir (oleh-oleh) baik itu makanan atau kerajinan tangan, juga tempat pencucian mobil.


Terbesit dalam hati, maruk juga yak ini, hahaha. Tapi itulah bisnis sekali ada di posisi memegang kendali, maka pegang semuaaa!!! Hahaha. Asli tempat makannya luas banget, luaas bangeet. Dan selalu rame, gue sembari duduk mikir ini omsetnya sehari berapa yaaaak. Hahaha belum lagi klo ada bis yang bawa rombongan wisata, bujug. Klo gue punya tempat seluas ini mungkin usaha yang masuk akal adalah lapangan futsal, karena tempat duduk makannya aja itu bisa buat 3 lapangan futsal! Itu belum tanah parkiran, Mushola, tempat oleh-oleh makanan, oleh-oleh kerajinan tangannya! Gede boy!


Lalu untuk pelayanannya, gue uda males klo lihat tempat makan ramai karena permasalahan besarnya adalah pelayanannya. Pasti keteteran, lambaat, ga jelas, bla-bla-bla. Tapi di sini ga berlaku, dugaan gue semua salah. Pelayanannya cepet satenya anget, bukan sate yang disimpet tapi bener-bener abis dibakar. Dan untuk sisanya seperti minuman, pete bakar, rujak, gado-gado (makanan di luar menu sate biasanya) itu sistemnya adalah pelayan nya berkeliling dengan nampan dengan beberapa hidangannya dan doi menawari setiap meja. Tinggal kita mau ambil apa, lalu mereka tinggal catet di bill kita. Keren sih! Hahaha.


Untuk makanannya, enak. Ga mengecewakan, tapi untuk sotonya, gue yang lidah Sumatera ini ga cocok karena soto nya manis santannya manis. Gue berharap santan pedas-asin hahaha. Selebihnya mantab!! Di sini juga ada toilet bersih, mushola dan tempat bermain anak, jadi selain makan, kita bisa sembari istirahat. Atau bukan cuma kita “orang dewasa” yang bahagia dapet tempat enak buat leye-leye tapi mereka “anak kecil” juga bahagia karena ada tempat bermain. Semua bahagia!! Hore!


Dan ternyata emang tempat ini sudah banyak di singgahi para artis, ya mungkin ini bisa di sebut salah satu tempat makan yang udah lama terkenal ya di Purwakarta. Itu buktinya muka rafi masih cups banget waktu mampir kesana ahahaha. Overall gue klo nilai makanan nya itu 7.5, tempatnya 8, kenyangnya 10. Gue ga tau nih ya, ini mesyti gue cek ke dokter deh kayanya, gue ada penyakit klo abis makan suka kenyang. Ini mesti gue cek. Ada saran dokter mana? Hahaha oke, see ya, tunggu ya postingan kuliner dari gue yang sebenernya kaku banget moto makanan. Hahaha